Minggu, 27 Maret 2011

10 Buah Yang Berkhasiat Bagi Tubuh


1.     Lemon
Lemon sangat kaya akan vitamin C. Kita semua sudah mengetahui akan hal itu. Tapi tahukah Anda apabila vitamin C sangat bagus untuk membangkitkan semangat dan detoksifikasi liver. Selain itu lemon mengandung serat, beta karoten, folic acid, kalsium, magnesium, dan potassium. Kandungan pectin yang ada dalam lemon sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Lemon juga mempunyai efek sedatif ringan dan bisa mengurangi demam, meningkatkan aktivitas empedu, dan meredakan gangguan pencernaan. Lemon juga bisa bisa meredakan sakit kerongkongan. Ada resep yang dapat Anda gunakan bila Anda mengalami sakit kerongkongan yaitu peras airnya, campur dengan air hangat dan madu. Lalu minum. Semoga sakit tenggorokan Anda membaik dengan resep ini.
Selain untuk mengatasi tenggorokan ternyata air jeruk lemon juga bisa digunakan untuk mengatasi gigitan serangga dan jerawat. Dan untuk orang-orang yang mengalami depresi ringan cobalah aroma lemon dalam minyak esensial dengan membakarnya di oil burner.

Manfaat buah lemon bagi tubuh :

1. mampu merangsang nafsu makan
2. menyembuhkan sembelit
3. sangat efektif menyembuhkan sakit muntah - muntah dan perut kembung
4. bisa bergerak cepat dalam menormalkan masalah pencernaan
5. memiliki sifat : melawan bakteri
6. menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan masalah kerusakan kandung kemih dan ginjal
7. menurunkan tekanan darah tinggi yang berlebihan
8. memelihara kesehatan tulang dan gigi
9. menyembuhkan penyakit masuk angin, influenza dan malaria secara efektif
10. sangat baik untuk merawat jantung dan saraf
11. menetralisir gula darah

Kandungan yang bermanfaat dari buah lemon :

1. Serat
2. Potassium
3. Alkalin
4. Fosfor
5. Kalsium

2.     Avokad
Avokad mengandung vitamin A,B,C, zat besi, magnesium, potasium, seng, kalsium, folic acid, dan serat. Juga kaya akan asam lemak esensial dan vitamin E sehingga sangat bermanfaat untuk merawat kulit. Avokad juga bisa digunakan untuk mengobati eksim dan penyakit-penyakit kulit lainnya. Diduga, avokad juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut kering dan rapuh. Caranya dengan menghancurkan 1 buah advokad, lalu oleskan ke rambut Anda. Tutup dengan shower cap selama 1 jam. Lalu bersihkan dengan shampo seperti biasa.
Advokad juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik, yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Bagi yang bermasalah dengan berat badan, dianjurkan mengkonsumsi advokad dalam porsi kecil.

3.     Apel
Apel dikenal sangat kaya akan serat. Buah apel mengandung flavonoid, sejenis zat kimia alami yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan mencegah pertumbuhan kanker-kanker tertentu. Apel merupakan sumber energi, bebas lemak dan bebas sodium. Selain itu juga menrupakan sumber potasium yang penting yang mengatur keseimbangan cairan tubuh dan tekanan darah. Apel juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala. Bisa dikonsumsi dalam bentuk jus atau makan secara utuh lengkap dengan kulit-kulitnya.

Mengkonsumsi buah apel mempunyai beberapa manfaat sebagai berikut :  
  1. Menurunkan berat badan.  Salah satu studi menemukan bahwa wanita yang makan 3 buah apel sehari dalam dietnya dapat menurunkan berat badan lebih banyak daripada wanita yang tidak makan apel.
  2. Melindungi tulang. Apel mengandung flavanoid yang disebut phloridzin, dapat membantu mencegah osteoporosis dan dapat meningkatkan kepadatan tulang.  Kandungan boron dalam buah apel juga memperkuat tulang dan  membantu menanggulangi  penyakit Asma. Satu studi menemukan bahwa anak-anak penderita asma yang minum jus apel setiap hari dapat mengurangi penderitaannya daripada mereka yang tidak minum. Selain itu, anak-anak yang lahir dari wanita hamil yang mengkonsumsi apel mengurangi tingkat resiko menderita asma.
  3. Menurunkan Kolesterol - Karena kandungan pektin dalam buah apel, orang-orang yang mengkonsumsi 2 atau lebih buah apel dalam sehari bisa menurunkan kolesterol sebanyak 16 persen.
  4. Perlindungan terhadap penyakit Alzheimer. Telah ditemukan bahwa quercetin dalam apel dapat melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas, yang menyebabkan banyak orang menderita Alzheimer.
  5. Perlindungan dari penyakit kanker paru-paru - Dalam sebuah penelitian dari 10.000 orang, mereka yang makan apel paling banyak memiliki 50 persen lebih rendah risiko terkena penyakit kanker paru-paru. Para peneliti percaya hal ini disebabkan oleh tingginya kadar flavonoid quercetin dan naringin yang ditemukan dalam apel.
  6. Mencegah Kanker payudara - Sebuah studi Cornell menemukan bahwa seseorang yang makan satu buah apel per hari bisa mengurangi tingkat resiko terkena kanker payudara sebesar 17 %, dan dari penelitian terhadap tikus yang makan 3 buah apel  per hari dapat mengurangi tingkat resiko sebesar 39 %.
  7. Melindungi dari kanker usus besar.  Dari penelitian yang dilakukan terhadap Tikus yang diberi makan dari ekstrak kulit apel memiliki tingklat resiko 43 % lebih rendah dari serangan kanker usus besar. Penelitian lain menunjukkan bahwa pektin dalam apel akan mengurangi risiko kanker usus besar dan membantu untuk mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.
  8. Mencegah Kanker Hati – Tikus hasil penelitian yang diberi makan ekstrak kulit buah apel memiliki resiko kanker hati 57 % lebih rendah.
  9. Pengelolaan kadar gula bagi penderita Diabetes  - Pektin dalam apel menghasilkan asam galacturonic dalam tubuh yang menurunkan kebutuhan insulin dan dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula bagi penderita diabetes.

4.     Strawberry
Sebuah penelitian di Amerika menemukan strawberry sangat kaya antioksidan atau 2 kali lebih banyak dibanding jeruk atau anggur merah. Strawberry bukan hanya meningkatkan sistem imun, tapi juga bisa menurunkan risiko kanker karena mengandung senyawa ellagic acid. Selain itu strawberry juga mengandung vitamin C yang baik, mengandung folic acid dan potassium.

Manfaat Buah Strawberry :
1. Strawberry mampu menyusutkan kadar kolestrol.
2. Strawberry dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya tersebut.
3. Strawberry dapat meredam gejala stroke.
4. Strawberry mengandung zat anti alergi dan anti radang.
5. Konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh (Oksidasi ialah hancurnya jaringan tubuh karena radikal bebas. Oksidasi juga bertanggung jawab pada proses penuaan).
6. Strawberry yang kaya vitamin C sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak.
7. Strawberry yang hanya sedikit mengandung gula juga cocok untuk diet bagi pengidap diabetes.
8. Strawberry yang dimakan teratur dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih. Khasiat yang terkenal lainnya adalah anti keriput!
9. Strawberry dapat memutihkan atau membersihkan permukaan gigi.
10. Strawberry ampuh melawan encok dan radang sendi.
11. Daun strawberry juga berkhasiat karena memiliki zat astringent. Tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun strawberry per hari, dapat efektif menghentikan serangan diare.
12. Kebutuhan vitamin C orang dewasa perharinya dapat dicukupi oleh 8 buah strawberry (98 mg). Kebutuhan serat juga sekaligus bisa terpenuhi.

5.     Ara
Buah yang masih satu keluarga dengan mulberry ini kaya serat dan kalsium sehingga ideal untuk memerangi sembelit dan osteoporosis. Bagi yang mengurangi intake gula, bisa mengkonsumsi fig atau buah ara yang dikeringkan karena kaya dengan gula alami.

6.     Pisang
Pisang merupakan sumber yang kaya potassium, sangat menenangkan urat saraf dan merupakan satu-satunya buah yang mengandung 6 kelompok vitamin A,B1,B2,B6,B12,dan C. Kandungan serat dietnya juga tinggi. Kadar karbohidrat dalam pisang, rata-rata 2 sampai 3 kali dibanding buah lainnya. Pisang yang rendah lemak cocok dijadikan camilan energi yang ideal.

Manfaat Buah Pisang :
1. Sumber Tenaga
Pisang dapat dicerna dengan mudah, sehingga gula yang terdapat didalamnya akan diubah menjadi sumber tenaga yang baik untuk pembentukan tubuh, kerja otot dan juga sangat bagus untuk menghilangkan lelah.
2. Ibu Hamil
Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan.
Sebuah pisang matang, akan mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi. Di samping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.
3. Penderita Anemia
Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada pisang, dapat menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah bagi penderita anemia. Dua buah pisang sehari, sangat baik untuk penderita anemia.
4. Penderita Sakit Maag
Sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang tak membuat iritasi atau kerusakan usus bagi penderita maag. Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, sebab teksturnya lembut.
Pisang juga dapat menetralkan kelebihan asam lambung dan melapisi perut sehingga mampu mengurangi iritasi. Bagi yang mengalami penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, Anda dapat mengkonsumsinya dengan di campur pada segelas susu cair.
5. Penderita Penyakit Lever
Bagi penderita lever, dua buah pisang sehari dengan tambahan satu sendok madu, akan baik untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan kuat.
6. Penderita Luka Bakar
Khusus untuk penderita luka bakar, Anda dapat menggunakan daun pisang sebagai pengobatan. Caranya, kulit yang terbakar dioles dengan campuran abu daun pisang dan minyak kelapa. Campuran ini mampu mendinginkan kulit yang terbakar.
7. Yang Mengalami Stress
Pisang mengandung potasium, yaitu mineral vital yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ketika mengalami stress, metabolisme tubuh akan meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium tubuh. Dengan pisang, potasium dalam tubuh kadarnya akan seimbang.
8. Penderita Stroke
Berdasarkan riset The New England Journal of Medicine, mengkonsumsi pisang setiap hari akan menurunkan resiko kematian akibat stroke hingga 40%.
9. Mengontrol Temperatur
Di beberapa negara, pisang dipandang sebagai makanan pendingin yang dapat menurunkan temperatur fisik dan emosional ibu hamil. Di Thailand contohnya, ibu hamil mengkonsumsi pisang untuk memastikan bayi lahir dengan temperatur sejuk.
10. Meningkatkan Kekuatan Otak
Di sebuah sekolah Inggris, 200 pelajar mampu menyelesaikan ujian akhir hanya dengan sarapan pisang. Mereka juga kerap mengkonsumsi pisang saat jam istirahat serta makan siang, sebab pisang mampu meningkatkan kekuatan otak.

7.     Jeruk
Jadikan buah jeruk sebagai bagian utama rencana Anda dalam memerangi flu dan pilek. Khasiat buah yang kaya vitamin C ini benar-benar mengesankan. Dari memerangi infeksi sampai menurunkan tekanan darah tinggi. Diet yang kaya vitamin C bisa membantu meningkatkan elastisitas kolagen dan menguatkan jaringan-jaringan kulit. Sehingga kulit tampak kenyal dan kencang.
Jeruk juga mengandung flavonoid yang bertanggungjawab dalam membuat buah jeruk berwarna cerah. Flavonoid meningkatkan elastisitas vitamin C dan menguatkan dinding pembuluh darah. Hasil penelitian menunjukkan orang-orang yang memasukkan buah sitrus dalam diet mereka bisa menurunkan risiko penyakit kanker.

Manfaat Buah Jeruk :
1. Mandi
Wangi jeruk yang menyegarkan membuat semangat Anda timbul. Hal ini sangat berguna di pagi hari ketika Anda merasa lemas dan tidak bersemangat. Mandilah dengan menggunakan sabun maupun shower gel beraroma jeruk. Aroma lime, atau jeruk nipis, misalnya, sangat baik untuk membangkitkan semangat.
Sebaliknya, jika Anda merasa lelah seusai beraktivitas sehari penuh, wewangian jeruk dapat membantu Anda menenangkan dan menyamankan tubuh. Cobalah berendam dengan air mandi yang ditetesi minyak esensial sitrun. Berendamlah dan hirup aromanya yang menenangkan tersebut.
2. Terapi Aroma
Anda merasa lesu karena udara yang panas? Tengangkan pikiran Anda dan cobalah melakukan latihan pernapasan sambil memejamkan mata dan menghirup aroma esensial campuran antara tiga tetes orange oil dan dua tetes citrus oil. Campur minyak ini dengan sedikit air dan panaskan. Uap yang tercipta akan menyegarkan serta mendamaikan perasaan.
3. Highlight Alami
Ingin mendapatkan highlight rambut secara alami? Sisirkan beberapa helai rambut dengan sari jeruk lemon, kemudian berjemurlah di bawah matahari. Helaian rambut yang dibubuhi sari jeruk lemon tersebut lambat laun akan berubah warnanya menjadi lebih muda sehingga tampak seperti highlight. Jangan lakukan cara ini jika rambut Anda tergolong kering atau rapuh.
4. Menyejukkan Kulit Kepala
Di hari yang sangat panas, cobalah cara berikut untuk menyejukkan kepala Anda. Buat campuran tonik rambut dengan sari jeruk nipis atau lemon. Simpan di lemari es sampai terasa sejuk, kemudian gunakan pada kepala dan pijit-pijitkan dengan gerakan memutar. Selain dapat menyejukkan kulit kepala, cara ini juga membantu Anda untuk mengendalikan ketombe.
5. Mengatasi Masalah Kaki
Potongan jeruk, terutama jeruk sitrun maupun lemon, dapat membantu Anda mengatasi masalah kaki membengkak, terutama jika terlalu lelah. Bersihkan dan seka kaki hingga bersih, lalu rendam dalam air hangat yang ditetesi Citrus oil maupun Lemon oil. Bisa juga Anda menaruh potongan-potongan lemon segar pada air rendaman tersebut, atau mengompres kaki dengan potongan buah tersebut.
6. Menghaluskan Kulit
Anda merasa terganggu dengan kulit yang kasar mengeras dan berwarna kehitaman? Buah lemon atau jeruk nipis dapat membantu mengatasi masalah ini. Gosoklah bagian yang mengeras dengan batu apung atau scrub. Kemudian, gosokkan potongan lemon pada bagian yang mengeras. Sesudahnya gunakan pelembab. Lakukan hal ini dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

8.     Kiwi
Buah kiwi kaya akan antioksidan, didalamnya banyak mengandung vitamin C yang digunakan untuk melindungi tubuh terhadap kanker, infeksi, penuaan dini, penyakit jantung, flu dan pilek. Buah kiwi juga kaya serat yang berguna untuk mengatasi sembelit. Selain itu kandungan potassium didalamnya membantu mengatur tekanan darah.

9.     Blueberry
Blueberry bisa mengatasi berbagai macam penyakit mulai dari rematik hingga cystitis yaitu radang kandung kemih. Blueberry sebagai pembasmi bakteri ini digunakan juga untuk mengobati infeksi saluran kencing, masalah-masalah lambung, kondisi mata seperti glaukoma dan katarak, serta varises. Juga bisa menstabilkan kadar gula darah pada penderita diabetes dan menguatkan dinding-dinding pembulug darah.

10. Aprikot
Aprikot kaya dengan antioksidan. Beta karoten yang terkandung didalamnya diduga dapat memerangi kanker. Aprikot juga mengandung potassium, serat, vitamin C, folic acid, zat besi, magnesium dan kalsium.
Aprikot yang dikeringkan merupakan sumber zat besi yang baik, bahkan sangat baik untuk para vegetarian atau penderita anemia. Aprikot juga mengandung boron, yang bisa membantu para perempuan yang memasuki menopause untuk mempertahankan estrogen. Selain itu aprikot dapat membantu mengurangi risiko penyakit tulang rapuh osteoporosis.

Sumber : (Tabloid aura, Erabaru.net, purwakarta.org, masenchipz, astaga.com)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar