Sabtu, 16 Juli 2011

Bahaya Minuman Bersoda

             Kesenangan manusia kepada kenikmatan dunia kerap kali berujung kepada ketidak puasan. Pikiran produktif manusia selalu mencari terobosan baru untuk memenuhi hajat manusia, bahkan impian yang hanya ada dikepala pencetusnya. Banyak produk yang asalnya asing dari kehidupan manusia, kemudian seolah dipaksakan akhirnya menjadi terbiasa. Tidak heran jika kemudian makanan ataupun minuman justru berakhir dengan berbagai masalah.
             Salah satu contohnya adalah minuman yang bersoda. minuman itu sekarang telah beredar kemana-mana. Minuman bersoda ini banyak diminati berbagai kalangan. Memang minuman bersoda ini enak di minum, namun tak layak di konsumsi karena banyak sekali zat-zat yang terkandung dalam minuman bersoda ini yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Adapun bahaya yang ditimbulkan oleh minuman bersoda ini adalh sebagai berikut :

1. Meningkatkan Resiko Diabetes
              Satu kalengnya hampir sama dengan 10 sendok gula yang bisa menghancurkan vitamin B dalam tubuh, dan ini sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Ingat penderita diabetes sangat dilarang  mengkonsumsi yang berlebihan, karena hormon insulin yang ada di dalam tubuhnya tidak sanggup untuk mengubah zat gula menjadi glikogen sehingga mengakibatkan gula darah (glukosa) akan meningkat dan membahayakan. Dan juga diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa memicu penyakit yang lain, misalnya stroke dan kerusakan jantung koroner. Jika Anda banyak mengkonsumsi minuman bersoda, selain berpotensi menyebabkan diabetes, stroke dan kerusakan jantung korone juga bisa terjadi.

2.Meningkatkan Resiko Obesitas
              Minuman bersoda kaya akan kalori. Kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan risiko obesitas. Tak hanya bagi orang yang sudah dewasa, anak-anak bisa menderita obesitas.

3.Meningkatkan Resiko Tulang Rapuh
              Minuman bersoda juga mengandung asam fosfat, yang sangat berpengaruh pada tulang kita. Karena asam fosfat bisa menyebabkan kerapuhan pada tulang kita, hal ini disebabkan karena asam fosfat dalam minuman bersoda bisa melarutkan kalisum yang terdapat didalam tulang, sehingga bisa menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah.

4. Meningkatkan Kafein Dalam Tubuh
               Minuman bersoda juga mengandung kafein.Zat kafein ini bisa menyebabkan orang ketergantungan. Dan juga kafein ini bisa menyebabkan meningkatnya frekuensi detak jantung, naiknya tekanan darah, insomnia, gula dalam darah, bertambahnya keasaman lambung, bertambahnya hormon-hormon dalam darah yang kadang bisa menyebabkan radang dan terlukanya lambung serta usu duabelas jari, serta bisa juga menybabkan kita dehidrasi, oleh karena itu banyak-banyak lah minum air putih sehabis minum minuman yang bersoda.
 
5. Banyak Mengandung CO2
               Minuman ini juga mengandung CO2 yang berbahaya bagi tubuh karena jika terlalu tinggi CO2 dalam tubuh menyebabkan darah kekurangan oksigen, dan ini juga bisa menyebabkan kematian.

6. Menyebabkan Kanker Pankreas
               Penelitian di Amerika Serikat, kandungan minuman bersoda dipercaya sebagai salah satu pemicu timbulnya kanker pankreas. Dalam penelitian tersebut, 87% responden yang minimal mengkonsumsi minuman bersoda 2 kali sehari mengalami peningkatan risiko kanker pankreas.

7. Buruknya Sistem Pencernaan
               Minuman bersoda ini memiliki PH (3-4) yang berarti sangat masam. Dan ini sangat berdampak buruk bagi penceranaan, karena terlalu masam, dan juga berbahaya.


8. Menyebakan Kerusakan Gigi
               Kebanyakan orang akan mengalami kerusakan gigi jika mengonsumsi minuman bersoda, karena kandungan zat gula yang terdapat dalam minuman tersebut, serta asam fosfat juga bisa menambah kerusakan gigi, karena merusak lapisan pelindung gigi.


               Soda merupakan bahan kimia yang terdapat dalam minuman yang sangat berbahaya bagi tubuh bila di konsumsi terus menerus. Minuman bersoda benar sangat tidak sehat karena banyak senyawa kimia yang sangat merugikan tubuh. Maka hindarilah minum-minuman bersoda.

Sumber: www.doktersehat.com, www.galuhsurya.wordpress.com, www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar