Jumat, 01 Juli 2011

Mengapa Kita Mengantuk Seusai Makan

         Dalam kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari kita telah melakukan banyak aktivitas yang menyebabkan kita kekurangan energi yang begitu banyak. Maka dari itu kita harus menambah energi kita yaitu dengan makanan yang mengandung karbohirat, protein, serta vitamin agar energi tubuh kita fresh kembali, dan dapat melakukan aktiviatas kembali. Makanya kita perlu sarapan pagi terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas. Dan juga pada siang harinya kita juga harus makan kembali untuk mengembalikan enrgi kita yang hilang. Namun biasanya setelah kita makan kita akan merasakan kantuk. Biasanya rasa kantuk seusai makan ini sering disebut dengan "Food Coma"Dan membuat kita tidak semangat untuk bekerja. Adapun penyebab dari rasa kantuk tersebut ada dua hal yaitu antara lain :

1. L-Tryptophan
         L-Tryptophan merupakan asam amino yang menjadi bahan dasar pembentukan niacin dan vitamin B. Niacin yang dihasilkan akan membentuk serotonin, yaitu zat yang berfungsi sebagai penghantar sinyal ke otak, dan ini akan membuat perasaan nyaman sehingga menyebabkan kita tertidur. Adapun prosesnya adalah ketika makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi kita konsumsi, maka akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin, yang akan menyimpan makanan dalam tubuh. Beberapa asam amino lain yang tadinya terkandung di dalam darah bersama-sama dengan L-Tryptophan, akan masuk ke dalam sel otot. Akibatnya, akan terjadi peningkatan pada konsentrasi relatif L-Tryptophan dalam darah dan serotonin yang terbentuk membuat kita mengantuk.

2. Proses Pencernaan Makanan
            Pada saat setelah kita makan, maka makanan yang kita makan tersebut akan dicerna oleh sistem pencernaan. Dalam proses pencernaan makanan tersebut kita membutuhkan energi yang cukup besar, apalagi jikalau makanan yang kita makan mengandung banyak lemak, itu akan membutuhkan energi yang besar. oleh karena itu tubuh akan mengirimkan darah ke sistem pencernaan. Serta sebagian darah di sistem saraf (otak) juga akan membantu proses tersebut. Sehingga pada saat itu sistem saraf (otak) akan kekurangan oksigen sementara. Dan menyebabkan berkurangnya ektifitas kerja otak, sehingga menimbulkan rasa kantuk.


Adapun tips untuk mengurangi rasa kantuk adalah : 

1. Usahakan tidak makan pada porsi yang berlebihan. cukup hanya sebatas kenyang saja, seperti hadist nabi   "Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang" 
2. Memilih makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi.
3. Usahakan setelah jam makan, kita mngonsumsi cemilan yang mengandung high protein.
4. Pilihlah makanan yang mengandung rendah lemak, karena didalamnya banyak mengandung gula.
5. Sebelum jam makan sebaiknya makan lah terlebih dahulu beberapa permin yang low fat.


Sumber: wikipedia.com, www.ceritakecil.com,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar