Rabu, 20 Juli 2011

Manfaat Air Kelapa

            Air kelapa merupakan air alami yang paling steril yang banyak memiliki kandungan zat-zat yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Selain segar dan enak air kelapa juga mengandung kadar kalium, khor, serta klorin yang tinggi yang sangat baik untuh kesehatan. Selain itu air kelapa juga mengandung protein, lemak, mineral, karbohidrat, serta vitamin C dan B Kompleks.

           Kelapa juga merupakan jenis buah-buahan yang digemari oleh banyak orang, selain rasanya yang enak dia juga mudah untuk di dapatkan. Biasanya buah ini enak dinikmati pada saat cuaca panas, karena memberikan sensasi fresh. Namun selain isi dari buah kelapa itu yang enak, ada juga air yang terdapat didalamnya. Air inilah yang membuat lebih nikmat lagi kalau kita menyantap kelapa. Apa lagi kalau air kelapa ini dicampur dengan es makin  fresh kita meminumnya. Namun selain rasanya yang enak dan menyegarkan, ternyata ada juga manfaat dari air kelapa ini. Adapun manfaat dari air kelapa ini adalah :

1. Mengandung nutrisi, vitamin dan terutama mineral. Cocok untuk melawan dehidrasi. Mirip seperti cairan yang banyak diiklankan tapi jauh lebih bagus karena lebih lengkap dan tanpa tambahan bahan kimia. Bahkan di dalam keadaan darurat, air kelapa muda yang steril dapat digunakan langsung sebagai cairan infus.

2. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni.

3. Susu yang dicampur dengan air kelapa muda amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.

4. Rendah gula tapi rasanya enak (dalam volume yang sama, kadar gulanya hanya 20% dari jus apel).

5. Air kelapa muda dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan anti-biotika lain, sehingga menjadikan obat-obat tersebut lebih cepat diserap darah.

6. Air kelapa dapat menyembuhkan jerawat. Adapun cara pembuatan ramuannya adalah sebagai berikut: 25 g pasta kunyit dicampur dengan segelas air kelapa dan dibiarkan sernalam, kemudian ditambah dengan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disisihkan (disimpan) lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Ramuan tersebut kemudian disaring dengan tiga lapis kain kasa, disimpan dalam botol, dan digunakan dengan cara dioleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat hilang.

7. Air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran yang sama, merupakan obat luka bakar dan menghilangkan rasa panas pada telapak kaki dan telapak tangan.

8. Air kelapa hijau yang dicampur dengan 1 sendok teh garam dan digunakan untuk cuci rambut, berkhasiat mencegah tumbuhnya uban.

9. Air kelapa muda hijau yang dicampur dengan air jeruk nipis dan diminum secara teratur, berkhasiat sebagai obat penyakit demam berdarah.

10. Air kelapa muda yang diembunkan semalam dan pagi harinya diminum secara rutin setiap harinya dapat membuat suara menjadi lembut dan merdu.

11. Mengandung Cytokinin yang dipercaya sebagai bahan anti penuaan dan anti kanker.

12.  Air kelapa dicampur sedikit madu merupakan tonikum yang murah, tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seks yang berlebih.

13. Air kelapa dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerut-merut wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi nampak berseri. Penggunaan dilakukan dengan membasuhkannya pada muka secara kontinu tiap hari.

14. Bebas kolestrol dan rendah lemak.

15. Air kelapa dapat memperbaiki sirkulasi darah dan dikenal mampu membersihkan saluran pencernaan.

16. Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit

17. Air kelapa yang rasanya lembut sangat kaya akan elektrolit dan potassium . Potassium dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung.

              Begitu banyak manfaat dari air kelapa, oleh karena itu jangan segan-segan kita unutk meminumnya. Namun ada sebagian orang mengatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi air kelapa bisa menimbulkan asam urat, dan membuat tulang menjadi keropos. Tetapi dengan banyaknya manfaat air kelapa saya rasa kita layak mengonsumsinya.

Sumber: www.kesehatan.kompas.com,www.yudiwbs.wordpress.com, www.tipsehat.net

1 komentar: