Rabu, 20 Juli 2011

Manfaat Daun Sirih

            Daun sirih (bahasa latin Piper Betle) merupakan tanaman yang termasuk jenis tumbuhan merambat dan bersandar pada batang pohon lain. Tanaman ini panjangnya mampu mencapai puluhan meter. Bentuk daunnya pipih menyerupai jantung dan tangkainya agak panjang. Permukaan daun berwarna hijau dan licin, sedangkan batang pohonnya berwarna hijau tembelek (hijau agak kecoklatan) dan permukaan kulitnya kasar serta berkerut-kerut.
            Daun sirih ini merupakan tanaman asli yang berasal dari Indonesia, dan ada beberapa wilayah di Indonesia bahkan ada tradisi dimana seseorang mengunyah daun sirih. Daun sirih mempunyai kandungan kimia seperti minyak atsiri (kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol),zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.. Daun sirih mempunyai banyak manfaat, terutama di bagian daun, getah dan minyaknya. Adapun manfaat dari daun sirih ini adalah :

1. Daun sirih berkhasiat menghilangkan bau badan dan bau mulut yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Biasanya juga karena adanya manfaat ini digunakan sebagai pembersih organ kewanitaan.

2. Daun sirih juga biasanya digunakan untuk obat mimisan, dengan cara digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung.

3. Daun sirih juga bisa mengurangi produk ASI yang berlebihan yaitu dengan cara daun sirih diolesi dengan minyak kelapa, Kemudian dipanggang dengan api dan dalam keadaan masih hangat ditempelkan di seputar buah dada.

4. Selain itu daun sirih juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.

5. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan.

6. Daun sirih juga bisa sebagai obat untuk sakit jantung, adapun caranya adalah ambil tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk, kemudian cuci bersih semua daun, lalu iris kecil-kecil, setelah itu rebus dengan air sebanyak tiga gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Lalu minum sehari tiga kali sebelum makan dengan syarat sekali minum setengah gelas.

7. Daun sirih juga merupakan daun yang bagus untuk kesehatan gigi, selain membuat gigi menjadi putih, daun sirih juga bisa untuk menguatkan gigi, yaitu dengan cara mengunyahnya, atau digosok-gosokkan ke gigi.

           Itulah beberapa khasiat yang paling menonjol pada daun sirih. Walupun rasa daun sirih itu tidak enak namun banyak jug akhasiat yang bisa kita dapatkan. Maka dari itu kalau menginginkan gigi yang sehat maka konsumsi lah daun sirih.



Sumber: www.squidoo.com, www.obatherbalalami.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar