Sabtu, 02 April 2011

10 Zat Kimia Yang Ada Dalam Komestik


Saat ini sudah banyak barang-barang kosmetik yang dibuat untuk memperindah wajah. Dan komestik tersebut ada juga di buat dengan mencampurkan beberapa zat-zat kimia yang berbahaya bagi kita. Adapun 10 zat kimia yang berbahaya yang terdapat pada bahan kosmetik : 

1. Anti Bakteri

Anti bakteri seperti triclosan banyak sekali digunakan pada berbagai macam produk seperti sabun, deodoran, pasta gigi, dll. Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya karena sifatnya yang mudah diserap oleh kulit dan diketahui beracun atau karsinogenik di alam. Penelitian menunjukkan bahwa anti bakteri dapat menganggu fungsi testosteron pada sel dan dapat merusak beberapa bakteri yang baik, sehingga meningkatkan kerentanan terhadap infeksi tertentu.

2. Butil Asetat

Butil asetat merupakan bahan yang biasa digunakan dalam penghalus kuku dan poles kuku. Penggunaan butil asetat yang dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan retak atau kulit kering. Selain itu, terlalu banyak menghisap uap butil asetat dapat menyebabkan pusing dan ngantuk.

3. Kationik Surfaktan

Kationik surfaktan adalah bahan kimia yang digunakan dalam conditioner rambut atau pelunak yang memiliki muatan listrik positf. Ketika digunakan secara teratur, kationik surfaktan dapat merusak rambut dan membuat mereka kering dan rapuh. Menginginkan rambut yang indah, malah membuat rambut menjadi rusak apabila terlalu sering menggunakannya.

4. Coal Tar

Coal tar (tar batu bara) merupakan bahan kimia berbahaya lainnya yang umum digunakan sebagai krim anti ketombe dan krim anti-gatal. Ditemukan bahwa bahan kimia ini bersifat carcinogenic ketika masuk dibawah kulit.

5. Diethanolamine

Diethanolamine adalah racun digunakan dengn DEA cocamide dan DEA lauramide, sebagai pengemulsi dan pembuat busa dalam banyak produk perawatan pribadi seperti sampo, krim cukur, lotion pelembab kulit, dna sabun bayi. Hal ini bersifat carcinogenic dalam alam dan bertindak sebagai penghancur hormon dan vitamin didalam tubuh.

6. Formaldehida

Formaldehida adalah suatu bahan kimia yang berbahaya lain yang digunakan dalam sabun mandi bayi, poles kuku, perekat dan perawat rambut bulu mata. Jika terus digunakan dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti keracunan system kekebalan tubuh, iritasi pernafasan dan bahkan kanker
.
7. Merkuri

Zat merkuri (raksa) banyak ditemukan di produk kecantikan yang fungsinya memutihkan kulit. Banyak juga ditemui pada produk seperti mascaras. Penggunaan bahan ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperi alergi, iritasi kulit, kerusakan  saraf, dll.

8. Partikel Nano

Partikel nano khususnya zinc oxide dan titanium dioxide biasanya digunakan dalam lotion tabir surya dan krim. Partikel ini dengan mudah dapat menembus kulit dan menghancurkan sel-sel otak.

9. Petroleum Distillates

Bahasa lainnya parafin cair adalah produk yang berasal dari destilasi minyak bumi. Banyak di gunakan dalam banyak kosmetik seperti maracas, bubuk bau kaki, dll. Sifatnya carcinogen bagi tubuh manusia.

10. Talc

Talc merupakan bahan kimia beracun yang digunakan dalam kosmetik seperti eye shadow, blush, deodorant, sabun , dll untuk menyerap kelembaban. Zat bersifat sebagai karsinogen manusia dan juga diketahui bisa menyebabkan kanker ovarium dan tumor paru-paru.

Itulah ke-10 zat kimia yang berbahaya yang ada dalam alat kosmetik anda. Dna setelah anda tahu di upayakan sedapat mungkin tidak menggunakan alat kosmetik yang mengandung zat-zat diatas. Dan hati-hatilah dalam memilih alet kosmetik. Sebaiknya gunakanlah bahan natural untuk merawat kecantikan anda.

Sumber : www.indowebster.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar