Senin, 11 April 2011

Mengapa Kita Merasakan Lapar ? ? ?


Semua manusia di bumi ini mungkin pernah merasakan lapar. Merasakan  lapar adalah hal yang wajar bagi kita semua. Rasa lapar merupakan suatu sinyal yang mengatakan bahwa kita memerlukan tambahan  energy dalam tubuh kita. Rasa lapar inilah yang membuat kita untuk makan yang dipicu oleh hormon ghrelin dalam darah.
Rasa lapar timbul ketika bahan-bahan gizi tertentu yang ada dalam darah hilang. Karena ketika pembuluh-pembuluh darah kekurangan bahan-bahan bergizi tersebut, maka sebuah pesan akan dikirim ke otak yang dinamakan “pusat rasa lapar”. Dimana pusat rasa lapar Ini bertugas sebagai rem aktivitas lambung dan usus. Ketika darah mendapat cukup materi nutrisi, maka pusat rasa lapar menghentikan aktivitas dalam lambung dan usus. Tetapi, kalau kekurangan nutrisi, usus dan lambung menjadi aktif, dan menyebabkan udara menjadi kesana kemari.  Itulah sebabnya kalian dapat mendengar perutmu berbunyi kalau kalian lapar.
Tapi rasa lapar itu sendiri tidak ada hubungannya dengan perut kosong. Contohnya, orang yang sedang demam dapat mempunyai perut kosong dan tidak merasa lapar. Tubuhnya menggunakan persediaan protein untuk memberi makan dari dalam.
Terkadang orang kalau merasa benar-benar lapar dan tak ada makanan disekitarnya pasti dia minum air untuk menghilangkan rasa lapar itu. Tapi pasti rasa kenyang itu berbeda dengan kita memakan sepiring nasi dan lauk-pauk. Karena kalau kita memakan nasi berbagai zat gizi yang terdapat dalam makanan seperti lemak, protein, karbohidrat bisa merangsang produksi hormon yang menghantarkan signal rasa kenyang seperti Kolesistokinin ke otak untuk diproses. Sedangkan air putih tidak memiliki kandungan zat gizi tersebut sehingga tidak mampu menimbulkan rasa kenyang yang memuaskan karena tidak adanya penghantaran signal kenyang tersebut ke otak. Itulah yang membedakan sensasi kenyang yang berbeda tersebut.
Banyak riset mengatakan bahwa makan sedikit itu bisa memanjangkan umur agar kita bisa merasakan lapar. Sesuai dengan nasehat nabi Muhammd S.A.W tidak makan sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar